Ukuran Ban x Lebar Velg
Buat yang suka oprak oprek ukuran ban dan velg perlu mengetahui ukuran-ukuran ban yang tepat sesuai dengan lebar velg. Enak kalo motor agan sudah biasa pakai ban dan velg standar jadi gak usah bingung lagi beli ban, karena sudah pasti ukrannya itu merpkan hasil perhitungan pabrikan motor.
Hanya saja, jika permasalahamnya agan ini adalah orang yang gampang bosenan, pengennya ganti velg dan ban lebih besar atau lebih kecil, jangan sampai salah memilih hanya karena enak dipandang belum tentu enak buat dipakai sehari-hari, bahkan dalam beberapa kasus bisa menimbulkan kecelakaan karena kestabilan kendaraan terganggu.
Penggunaan ban yang tepat bermanfaat untuk menjaga kestabilan saat dipakai bermanuver atau saat pengereman mendadak. Untuk memudahkan agan-agan memilih ban, bisa dengan melihat tabel dibawah ini :
Pilihlah ukuran rekomendasi yang cocok, jika ukuran ban terlalu besar untuk velg biasanya ban tersebut akan terlihat menggembung lonjong/bulat atau biasa orang-orang bilang “ngedonat”. Efeknya rawan melejit dari jepitan pinggir velg yang terlalu sempit. Bahayanya di jalan gak rata, motor oleng.
Sebaliknya jika ban terlalu kecil bisa terlihat kotak. Akibatnya bibir ban ditarik paksa melewati batas agar menempel ke pinggir velg. Belum lagi suspensi motor terasa lebih keras karena fungsi ban meredam beban menurun.kotak.
*UKURAN VELG | UKURAN BAN * 1.20 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = OK 1.40 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Kotak 1.60 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok 1.85 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok 2.15 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok 2.50 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok 1.20 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Pas 1.40 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = OK 1.60 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Kotak 1.85 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok 2.15 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok 2.50 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok 1.20 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = OK 1.40 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Pas 1.60 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = OK 1.85 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Kotak 2.15 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Ngga Cocok 2.50 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Ngga Cocok 1.20 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Bulat 1.40 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = OK 1.60 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Pas 1.85 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = OK 2.15 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Kotak 2.50 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Ngga Cocok 1.20 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Ngga Cocok 1.40 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Bulat 1.60 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = OK 1.85 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Pas 2.15 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = OK 2.50 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Kotak 1.20 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Ngga Cocok 1.40 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Ngga Cocok 1.60 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Bulat 1.85 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = OK 2.15 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Pas 2.50 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = OK 1.20 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok 1.40 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok 1.60 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok 1.85 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Bulat 2.15 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = OK 2.50 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Pas 1.20 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok 1.40 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok 1.60 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok 1.85 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok 2.15 X 17" | 120/70-17 = Bulat 2.50 X 17" | 120/70-17 = OK Ada 4 kategori kembangan tapak ban setelah dipasang ke velg, yaitu pas, oke, bulat, kotak dan tidak cocok. Pas, artinya sesuai antara ukuran ban dengan velg yang dipasang. Kategori Pas permukaan bannya menapak sebagian besar ke aspal dan hanya menyisakan sedikit permukaan ban yang tidak bergesekan dengan aspal. Kategori Pas sangat bagus untuk handling dan kstabilan karena permukaan bannya menapak semua tapi tentu saja dibalik keuntungannya pasti ada kerugiannya, yaitu akselerasi maupun top speed berkurang lantaran bidang permukaan yang bergesekan dengan aspal jadi lebih banyak, ujung-ujungnya bisa boros bensin. Untuk menikung, kategori Pas tidak begitu cocok karena permukaan bannya hampir tidak bersisa untuk menikung rebah dengan sudut yang berlebihan. Menikung rebah dengan sudut agak diluar normal membutuhkan bidang luar permukaan ban yang cukup karena akan bergesekan dengan aspal. Tidak kebayang kan jika nikung rebah tapi tidak ada permukaan ban untuk bergesekan dengan aspal, bisa gedubrak. Kategori Oke, ban bisa terpasang dan baik untuk nikung, mau rebah dengan sudut ekstreem maupun nikung biasa. Memiliki permukaan ban yang tidak bergesekan dengan aspal dan bidang yang bergesekan hanya ada ditengah. Kategori ini cocok untuk mengejar akselerasi, top speed maupun untuk menikung, namun untuk handling tidak begitu bagus karena bidang yang bergesekan hanya ada ditengah sehingga bidang permukaan ban yang mencengkram aspal juga tidak sebanyak Kategori Pas. Kategori Bulat mempunyai banyak bidang permukaan ban yang tidak. Kategori Kotak juga hampir sama seperti Bulat, tidak direkomendasikan karena permukaan ban semuanya menapak aspal bahkan kurang dan menjadikan ban menjadi bentuk kotak yang bukan nama band itu ya. Kategori Tidak cocok, yang ini sudah jelas karena artinya ban tidak bisa masuk ke velg yang akan dipasangi.
Hanya saja, jika permasalahamnya agan ini adalah orang yang gampang bosenan, pengennya ganti velg dan ban lebih besar atau lebih kecil, jangan sampai salah memilih hanya karena enak dipandang belum tentu enak buat dipakai sehari-hari, bahkan dalam beberapa kasus bisa menimbulkan kecelakaan karena kestabilan kendaraan terganggu.
Penggunaan ban yang tepat bermanfaat untuk menjaga kestabilan saat dipakai bermanuver atau saat pengereman mendadak. Untuk memudahkan agan-agan memilih ban, bisa dengan melihat tabel dibawah ini :
Pilihlah ukuran rekomendasi yang cocok, jika ukuran ban terlalu besar untuk velg biasanya ban tersebut akan terlihat menggembung lonjong/bulat atau biasa orang-orang bilang “ngedonat”. Efeknya rawan melejit dari jepitan pinggir velg yang terlalu sempit. Bahayanya di jalan gak rata, motor oleng.
Sebaliknya jika ban terlalu kecil bisa terlihat kotak. Akibatnya bibir ban ditarik paksa melewati batas agar menempel ke pinggir velg. Belum lagi suspensi motor terasa lebih keras karena fungsi ban meredam beban menurun.kotak.
*UKURAN VELG | UKURAN BAN * 1.20 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = OK 1.40 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Kotak 1.60 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok 1.85 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok 2.15 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok 2.50 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok 1.20 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Pas 1.40 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = OK 1.60 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Kotak 1.85 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok 2.15 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok 2.50 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok 1.20 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = OK 1.40 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Pas 1.60 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = OK 1.85 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Kotak 2.15 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Ngga Cocok 2.50 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Ngga Cocok 1.20 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Bulat 1.40 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = OK 1.60 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Pas 1.85 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = OK 2.15 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Kotak 2.50 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Ngga Cocok 1.20 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Ngga Cocok 1.40 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Bulat 1.60 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = OK 1.85 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Pas 2.15 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = OK 2.50 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Kotak 1.20 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Ngga Cocok 1.40 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Ngga Cocok 1.60 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Bulat 1.85 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = OK 2.15 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Pas 2.50 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = OK 1.20 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok 1.40 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok 1.60 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok 1.85 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Bulat 2.15 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = OK 2.50 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Pas 1.20 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok 1.40 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok 1.60 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok 1.85 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok 2.15 X 17" | 120/70-17 = Bulat 2.50 X 17" | 120/70-17 = OK Ada 4 kategori kembangan tapak ban setelah dipasang ke velg, yaitu pas, oke, bulat, kotak dan tidak cocok. Pas, artinya sesuai antara ukuran ban dengan velg yang dipasang. Kategori Pas permukaan bannya menapak sebagian besar ke aspal dan hanya menyisakan sedikit permukaan ban yang tidak bergesekan dengan aspal. Kategori Pas sangat bagus untuk handling dan kstabilan karena permukaan bannya menapak semua tapi tentu saja dibalik keuntungannya pasti ada kerugiannya, yaitu akselerasi maupun top speed berkurang lantaran bidang permukaan yang bergesekan dengan aspal jadi lebih banyak, ujung-ujungnya bisa boros bensin. Untuk menikung, kategori Pas tidak begitu cocok karena permukaan bannya hampir tidak bersisa untuk menikung rebah dengan sudut yang berlebihan. Menikung rebah dengan sudut agak diluar normal membutuhkan bidang luar permukaan ban yang cukup karena akan bergesekan dengan aspal. Tidak kebayang kan jika nikung rebah tapi tidak ada permukaan ban untuk bergesekan dengan aspal, bisa gedubrak. Kategori Oke, ban bisa terpasang dan baik untuk nikung, mau rebah dengan sudut ekstreem maupun nikung biasa. Memiliki permukaan ban yang tidak bergesekan dengan aspal dan bidang yang bergesekan hanya ada ditengah. Kategori ini cocok untuk mengejar akselerasi, top speed maupun untuk menikung, namun untuk handling tidak begitu bagus karena bidang yang bergesekan hanya ada ditengah sehingga bidang permukaan ban yang mencengkram aspal juga tidak sebanyak Kategori Pas. Kategori Bulat mempunyai banyak bidang permukaan ban yang tidak. Kategori Kotak juga hampir sama seperti Bulat, tidak direkomendasikan karena permukaan ban semuanya menapak aspal bahkan kurang dan menjadikan ban menjadi bentuk kotak yang bukan nama band itu ya. Kategori Tidak cocok, yang ini sudah jelas karena artinya ban tidak bisa masuk ke velg yang akan dipasangi.
Comments
Post a Comment